Saturday, January 12, 2013

Penghijauan

    Penghijauan merupakan hal yang tak kalah penting dalam kegiatan GO GREEN. Kegiatan penghijauan ini sangat banyak manfaatnya apabila di terapkan dalam kehidupan, seperti menerapkan penghijauan di sekitar lingkungan rumah, jalan, bahkan sekolah. Beberapa sekolah telah menerapkan kegiatan penghijauan tersebut. Tentunya dengan teknik masing-masing sekolah.
    Beberapa bulan ini SMPN 1 Ngemplak turut berpartisipasi dalam kegiatan GO GREEN terlebih dalam melakukan kegiatan penghijauan. Penghijauan ini dilakukan dengan menanam tanaman obat-obatan, sayuran, dan juga tanaman-tanaman yang lain. Kegiatan ini dipelopori oleh kakak-kakak KKN UNY beserta pengurus OSIS.
    Selain itu, penghijauan di SMPN 1 Ngemplak juga dilakukan dengan beberapa cara lain. Misalnya, di hari pertama tahun ajaran baru, setiap siswa baru harus membawa satu tanaman. Hal ini bertujuan agar para siswa peduli terhadap lingkungan. Kemudian kegiatan penghijauan yang lain adalah memasang tanaman hias didalam kelas, didepan kelas, dan disepanjang jalan melintas. Selain berfungsi dalam nilai estetik, juga berfungsi untuk penyegaran. Karena pemandang sekitar yang penuh tumbuhan hijau rindang,  akan membuat kesan sejuk, damai, fresh, dan mampu menghilangkan kepenatan sesaat.

    Hijaunya lingkungan sekolah ini dapat terwujud dengan kepedulian waega sekolah terhadap lingkungan. Hal ini didasari kesadaranr bahwa suburnya lingkungan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya pepohonan, maka dunia ini pasti akan terasa panas, gersang, dan banyak polusi udara. Maka, mari kita wujudkan lingkungan hijau dan subur!

1 comment: